Tak banyak orang yang mau bersusah payah mendatangi pusat kebugaran atau gym untuk membentuk otot tubuh mereka.

Nah, jika Anda termasuk segelintir orang yang memutuskan untuk berlatih secara rutin di gym, berarti Anda termasuk orang yang mementingkan penampilan dan kesehatan tubuh, dan telah mempersiapkan diri untuk menjalani program yang membutuhkan disiplin tinggi.

Masalahnya, tak sedikit juga orang yang mampu mempertahankan semangat mereka untuk berlatih di gym. Banyak yang mengatakan, tiga sampai enam bulan pertama keikutsertaan mereka di gym adalah masa-masa tersulit untuk menumbuhkan motivasi tersebut.

Namun jangan patah arang dahulu karena Anda bisa terus menjaga semangat berlatih, jika tahu caranya.

Abaikan Kaca di Gym. Interior pusat kebugaran memang didesain dengan dominasi kaca. Kaca-kaca tersebut dibuat dari jenis kaca cembung yang memungkinkan tubuh Anda terlihat lebih besar dari aslinya. Tak heran jika banyak orang pada akhirnya senang berlama-lama bercermin menganggumi tubuh mereka ketimbang berlatih. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang yang lebih banyak bercermin di gym akan lebih lambat meraih keberhasilan dalam membentuk otot mereka, dan mudah merasa lelah.

Gunakan Aromaterapi. Sebelum memasuki ruang latihan, semprotkan aroma rosemary di kaos yang Anda kenakan. Aroma tersebut akan tercium selama Anda berlatih dan bisa meningkatkan energi serta semangat Anda. Untuk berlatih yoga atau pilates, gunakan aroma lavender agar Anda lebih berkonsentrasi.

Pilih Musik Kesukaan. Musik memang ajaib. Gelombang-gelombang suara yang dikeluarkan musik seolah bisa mengatur mood kita. Penelitian menyebutkan bahwa mereka yang mengayuh sepeda statis sambil mendengar musik bertempo cepat mampu mengayuh sepeda dengan lebih cepat daripada yang mendengarkan musik bertempo lambat. Siapkan perangkat pemutar MP3 yang berisi lagu-lagu kesukaan Anda. Saat berlatih, dengarkan musik tersebut melalui headset.

Pikirkan Seseorang yang Menyebalkan. Berlatihlah di atas treadmill atau sepeda statis. Lampiaskan semua kekesalan Anda kepada orang tersebut. Tambah tenaga seolah-olah Anda sedang berlomba mencapai garis finish melawan dia. Anda bukan saja memiliki latihan berkualitas, tetapi juga bisa membuang marah dan stres. (Samantha Kent)

 

Source : http://www.readersdigest.co.id/olah-tubuh/tip+semangat+di+gym

             http://ciricara.com/wp-content/uploads/2012/10/04/Angkat-Barbel.jpg

CategoryGym, Tips
© 2017 Personal Trainer | Build with ♥ by Rafan Agency